Kota Malang (MAN 2) – Tim Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia melaksanakan kunjungan dalam rangka Audit Kinerja Penyelenggaraan Tugas dan Fungsi Tahun 2021 pada satuan kerja Madrasah Unggulan di MAN 2 Kota Malang. Kegiatan Audit Kinerja ini berlangsung selama 10 hari mulai tanggal 22 – 01 Mei 2022. Tim Auditor Itjen Kemenag RI yang hadir berjumlah enam auditor, Lili Handayani bertindak sebagai Pengendali Teknis, Rusdi Bahalwan sebagai Ketua Tim, dan Inne Saraswati, Sumbulatun, Arief Aditya Rahman dan Sugina sebagai Anggota Tim.

Kepala Madrasah Drs. H. Mohammad Husnan, M.Pd bersama Tim persiapan Audit kinerja MAN 2 Kota Malang menyambut kedatangan tim auditor di pusatkan di Aula PSBB MAN 2 Kota Malang pada Jumat pagi (22/4/22) kemarin. Pada hari yang sama, tim auditor mengawali kegiatannya dengan Entry Meeting bersama para penanggung jawab bidang dilingkungan MAN 2 Kota Malang.

Dalam kata sambutannya, H. Mohammad Husnan  mengatakan kedatangan tim auditor ini merupakan suatu kesempatan untuk memaparkan hasil kinerja MAN 2 Kota Malang pada tahun 2021 lalu, untuk mendapatkan evaluasi atas kekurangan yang pada akhirnya akan diperbaiki.

“Dalam audit ini, Tim Itjen Kemenag akan melihat dan meneliti proses tugas yang telah dilaksanakan baik dalam perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tata kelola, apakah telah memenuhi sasaran kinerja atau belum, sehingga pada akhirnya Tim Itjen bisa menganalisa kelebihan dan kekurangan di Madrasah kita ” ujarnya.

Kamad berharap agar semua bidang penanggung jawab dan tim persiapan audit kinerja MAN 2 Kota Malang dapat memberikan informasi serta dokumen yang sesuai dengan apa yang diharapkan oleh tim auditor Itjen.

“ MAN 2 Kota Malang  sangat berterimakasih atas kunjungan Tim Auditor ini, karena disamping mendapatkan informasi tentang audit kinerja, juga mendapatkan bimbingan atas kekurangan dari Itjen Kemenag RI dalam melaksanakan tugas dan fungsi berbasis kinerja sesuai dengan tupoksi,” lanjutnya.

Pada kesempatan yang sama, Pengendali Teknis Audit Lili Handayani menyampaikan arahannya mengenai audit yang dilakukan saat ini yang sedikit berbeda dengan audit sebelumnya. Tidak hanya mengaudit laporan keuangan, namun audit sekarang ini juga akan melihat tugas dan fungsi empat aspek lainnya.

“Audit Kinerja di MAN 2 Kota Malang sebagai salah satu Madrasah Ungulan ini bertujuan untuk menilai keberhasilan pelaksanaan tigas dan fungsi instansi, jadi akan ada empat aspek yang akan dinilai, yaitu dari segi Perencanaan, Pelaksanaan, Laporan Kinerja, dan Capaian Hasil, dan meski hasil  outputnya bisa kita lihat selama ini” ujarnya.

Lili Handayani juga menambahkan, ada tiga hal yang akan dilakukan oleh tim auditor dalam pelaksanaan audit ini, pertama melihat 3E (Efektif, Ekonomis dan Efisien), selanjutnya memberikan nilai tambah yakni masukan-masukan yang diperlukan.

Selanjutnya, Rusdi Bahalwan sebagai Ketua Tim Audit menjelaskan mengenai tujuan, maksud dan tekhnis audit kinerja selama proses selama 4 hari penuh di MAN 2 Kota Malang hingga ke aspek penilaiannya nanti. (Tim Humas)

 

MAN 2 KOTA MALANG - JUARA PRIMA

Postingan Terkait